Advertisements

Bagaimana caranya menghapus akun Kredit Pintar?

Apa itu Kredit Pintar?

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online tanpa jaminan yang memberikan akses dana segar ke penggunanya cukup dengan verifikasi identitas.

Alternatifnya adalah Indodana, Kredivo, Home Credit, dan AkuLaku.

Apakah akun Kredit Pintar bisa dihapus?

Berdasarkan kebijakan privasinya, maka akun Kredit Pintar dan data pribadi pengguna dapat dihapus.

PENGEMBALIAN DAN PEMUSNAHAN INFORMASI PRIBADI – RETURNING AND DESTRUCTION OF PERSONAL INFORMATION

3.11 Informasi Pribadi Anda hanya dapat dimusnahkan jika :

Your Personal Information can only be destroyed if:

(a) Informasi Pribadi Anda telah disimpan selama 5 (lima) tahun atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perlu dihapus ; atau

Your Personal Information has been stored for 5 (five) years or is required to be destroyed in accordance with the prevailing law s and regulations ; or

(b) atas permintaan Anda, kecuali Kami dipersyaratkan untuk menyimpannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan .

You request, unless We are required to retain such Personal Information in accordance with the prevailing law s and regulations .

3.12 Pemusnahan Informasi Pribadi sebagaimana pada Pasal 3.1 1 termasuk menghilangkan sebagian atau keseluruhan dokumen terkait Informasi Pribadi Anda yang Kami simpan sehingga Informasi Pribadi tersebut tidak dapat ditampilkan kembali dalam sistem elektronik Kami kecuali Anda memberikan Informasi Pribadi yang baru kepada Kami.

Destruction of Personal Information as referred to in Article 3.1 1 includes removing part or all of the documents related to Your Personal Information that We hold so that the Personal Information cannot be re-displayed in Our electronic system unless You provide new Personal Information to Us.

PENGEMBALIAN DAN PENGHAPUSAN INFORMASI PRIBADI – RETURN AND REMOVAL OF PERSONAL INFORMATION

3.16 Anda berhak memohonkan penghapusan Informasi Pribadi yang Kami simpan dengan memberikan pemberitahuan secara tertulis paling lambat 10 ( sepuluh ) hari kerja sebelum tanggal penghapusan yang dikehendaki dengan menyebutkan jenis atau wujud Informasi Pribadi yang dimohonkan penghapusannya . Ketentuan penghapusan Informasi Pribadi ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Perkominfo No. 20/2016 .

You have the right to request the deletion of Personal Information that We hold by giving at least 10 (ten) working days written notice before the proposed date of deletion by stating the type or form of Personal Information requested for deletion. Provisions for the elimination of this Personal Information must be carried out in accordance with the provisions of Perkominfo No. 20/2016 .

Patut diperhatikan Kredit Pintar juga memberikan akses untuk blokir atau pembekuan akun, ini tidak menghapus data pengguna cuma tidak bisa digunakan saja akunnya.

Informasi akun Kredit Pintar dan syarat yang dibutuhkan

  • Nama lengkap
  • Tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Alamat
  • Pekerjaan
  • Penghasilan
  • Pendidikan
  • Nomor KTP
  • KTP
  • Selfie
  • Tidak ada pinjaman yang berlangsung
  • Tidak ada tunggakan tagihan
  • Alasan penutupan akun Kredit Pintar
Advertisements

Cara menutup akun Kredit Pintar

  1. Kirimkan surel ke customer care Kredit Pintar beralamatkan di cs@kreditpintar.com.
  2. Subjek bisa mengikuti contoh “Pemblokiran akun Kredit Pintar” atau “Tolong tutup akun Kredit Pintar saya” dan sebagainya.
  3. Tuliskan ID pengguna, nomor seluler, status pelapor apakah pemilik akun atau orang lain, dan alasan membekukan akun Kredit Pintar.
  4. Kirim dan nantikan tanggapannya.
  5. Jika ada data yang kurang maka anda akan dihubungi pihak Kredit Pintar untuk verifikasi lebih detail.
  6. Ikuti prosedur yang diminta sampai selesai.

Proses ini fungsinya hanya menonaktifkan login akun anda, tidak menghapus data-data yang tersimpan dalam database Kredit Pintar.

Cara menghapus akun Kredit Pintar

  1. Buat email ditujukan ke customer service Kredit Pintar di cs@kreditpintar.com.
  2. Untuk judul bisa menggunakan “Permohonan pemusnahan data akun Kredit Pintar” atau “Tolong hapus akun Kredit Pintar saya” dan sebagainya.
  3. Isi pesan dengan penjelasan dari tujuannya dan alasan kenapa ingin membatalkan akunnya.
  4. Sertakan identitas pemilik akun untuk verifikasi.
  5. Opsional, anda bisa mengunggah lampiran gambar screenshot profil pengguna di aplikasinya.
  6. Kirim dan tunggu balasannya.
  7. Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa permintaan telah diterima, jika tidak bisa segera diproses berarti akan dilakukan validasi data lebih lanjut.
  8. Ikuti arahannya sampai selesai.

Patut ditekankan ke customer servicenya bahwa anda ingin menghapus akun atau memusnahkan informasi pribadi, bukan blokir atau bekukan akun.

Walau efeknya mirip tapi penutupan akun hanya mengakibatkan kehilangan akses login tapi data anda akan tetap ada sesuai ketentuan.

Nama lain dari Kredit Pintar

  • Kredit Pintar
  • kreditpintar.com
  • PT Kredit Pintar Indonesia

17 Comments

  1. Saya sudah lunas di kredit pintar. Sama sekali tidak ada sisa tagihan sama sekali. Ketika saya mengirimkan email permohonan hapus akun ke Live Chat dan CS kredit pintar tsb, kenapa balasannya mereka selalu sedang dalam pemeliharaan sistem ya? Saya kirim sudah tiga kali tapi responnya sama. Jadi saya masuk ke pengaturan smartphone saya, saya klik applikasi kredit pintar, lalu saya hapus data dan cache nya. Apakah itu membantu? Atau apakah data data saya masih ada disana? Saya takut nama saya disalahgunakan. Mohon pencerahannya, min.

    • Halo, setahu saya untuk hapus data dan cache tidak akan menghapus semua informasi yang dikumpulkan kepada Kredit Pintar. Saat ini Kredit Pintar belum menyediakan opsi penghapusan akun di layanannya, maka cara utamanya tulis pesan lewat Email Kredit Pintar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *